Tugas
4 Fungsi Manajemen Berdasarkan Kegiatan Perkuliahan
Manajemen adalah ilmu atau seni yang mengajarkan kepdaa para manajer dalam melakukan kegiaan pekerjaannya dengan memanfaatkan sumber daya manusia. Ada 4 fungsi manajemen, yaitu :
1. Perencanaan
2. Pengorganisasian
3. Pengarahan
4. Pengawasan.
1. PERENCANAA
Perencanaan adalah proses mendefinisikan tujuan organisasi, membuat strategi untuk mencapai tujuan itu, dan mengembangkan rencana aktivitas kerja organisasi. Perencanaan merupakan proses terpenting dari semua fungsi manajemen karena tanpa perencanaan fungsi-fungsi lain (pengorganisasian, pengarahan, dan pengontrolan) tak akan dapat berjalan.Jika dalam kegiatan perkuliahan tahap ini di terapkan pada Visi dan Misi Universitas Gunadarma, kenapa demikian ? Karena Visi dan misi merpahan tahap awal dimana suatu rencana akan kegiatan kedepannya. Harapan atau keinginan dalam mambangun suatu tujuan Universitas Gunadarma.
2. PENGORGANISASIAN
Pengorganisasian adalah suatu langkah untuk menetapkan, menggolongkan dan mengatur berbagai macam kegiatan yang di pandang. Seperti bentuk fisik yang tepat bagi suatu ruangan kerja administrasi, ruangan laboratorium, serta penetapan tugas dan wewenang seseorang pendelegasian wewenang dan seterusnya dalam rangka untuk mencapai tujuan. Dalam lingkungan perkuliahan organisasi yaitu seperti Rektor, rektor ini akan menorganisasikan bawahannya agar bekerja di tempat yang sudah di tentukan olehnya. Dengan hal ini maka semua urusan kampus akan terhandle dengan baik.
3. PENGARAHAN
Pengarahan adalah suatu proses pembimbingan, pemberian petunjuk, dan instruksi kepada bawahan agar mereka bekerja sesuai dengan rencana yg telah ditetapkan. Pengarahan mencakup beberapa proses operasi standar, pedoman dan buku panduan, bahkan manajemen berdasarkan sasaran (management by objective). Di dalam perkuliahan ada Badan Eksekutif Kampus, dimana pemimpinnya mengarahkan tugas tugas yang harus di laksanakan oleh para anggotanya. Agar kegiatan kampus berjalan dengan baik.
4. PENGAWASAN
Pengawasan merupakan suatu unsur manajemen untuk melihat apakah segala kegiatan yang dilaksanakan telah sesuai dengan rencana yang digariskan dan disamping itu merupakan hal yang penting pula untuk menentukan rencana kerja yang akan datang. Contohnya di dalam perkuliahan, pimpinan kampus atau rektor mengawasi semua pekerjaan bawahannya agar fungsi perencanaan di awal atau tujuan dapat tercapat.
Perencanaan adalah proses mendefinisikan tujuan organisasi, membuat strategi untuk mencapai tujuan itu, dan mengembangkan rencana aktivitas kerja organisasi. Perencanaan merupakan proses terpenting dari semua fungsi manajemen karena tanpa perencanaan fungsi-fungsi lain (pengorganisasian, pengarahan, dan pengontrolan) tak akan dapat berjalan.Jika dalam kegiatan perkuliahan tahap ini di terapkan pada Visi dan Misi Universitas Gunadarma, kenapa demikian ? Karena Visi dan misi merpahan tahap awal dimana suatu rencana akan kegiatan kedepannya. Harapan atau keinginan dalam mambangun suatu tujuan Universitas Gunadarma.
2. PENGORGANISASIAN
Pengorganisasian adalah suatu langkah untuk menetapkan, menggolongkan dan mengatur berbagai macam kegiatan yang di pandang. Seperti bentuk fisik yang tepat bagi suatu ruangan kerja administrasi, ruangan laboratorium, serta penetapan tugas dan wewenang seseorang pendelegasian wewenang dan seterusnya dalam rangka untuk mencapai tujuan. Dalam lingkungan perkuliahan organisasi yaitu seperti Rektor, rektor ini akan menorganisasikan bawahannya agar bekerja di tempat yang sudah di tentukan olehnya. Dengan hal ini maka semua urusan kampus akan terhandle dengan baik.
3. PENGARAHAN
Pengarahan adalah suatu proses pembimbingan, pemberian petunjuk, dan instruksi kepada bawahan agar mereka bekerja sesuai dengan rencana yg telah ditetapkan. Pengarahan mencakup beberapa proses operasi standar, pedoman dan buku panduan, bahkan manajemen berdasarkan sasaran (management by objective). Di dalam perkuliahan ada Badan Eksekutif Kampus, dimana pemimpinnya mengarahkan tugas tugas yang harus di laksanakan oleh para anggotanya. Agar kegiatan kampus berjalan dengan baik.
4. PENGAWASAN
Pengawasan merupakan suatu unsur manajemen untuk melihat apakah segala kegiatan yang dilaksanakan telah sesuai dengan rencana yang digariskan dan disamping itu merupakan hal yang penting pula untuk menentukan rencana kerja yang akan datang. Contohnya di dalam perkuliahan, pimpinan kampus atau rektor mengawasi semua pekerjaan bawahannya agar fungsi perencanaan di awal atau tujuan dapat tercapat.
Comments
Post a Comment